Kamis, 24 Februari 2011

Tempat Doa yang dikabulkan

TEMPAT DIKABULKANNYA DOA
YANG SELALU BERHUBUNGAN DENGAN AMAL DAN PEKERJAAN KITA SETIAP HARI

  1. Malam Lailatul Qadar "Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbitnya Fajar (QS.al-Qadr:3-5)
  2. Pertengahan malam terakhir, ketika tinggal sepertiga malam yang terakhir "sesungguhnya Rabb kami yang maha Berkah lagi Maha Tinggi turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam akhir, lalu berfirman: Barang siapa yang berdoa, maka akan Aku kabulkan, barang siapa yang memohon, pasti aku akan perkenankan dan barang siapa yang meminta ampun, pasti aku mengampuninya" (HR. Bukhori)
  3. Setelah selesai melaksanakan shalat-shalat yang wajib (syekh bin Baz) berkata Akhir dari shalat atau selesai shalat, tetapi sebelum salam juga bisa berarti selesai salam.
  4. Waktu antar adzan dan Iqamah sesuai dengan bunyi hadist dari RAsulullah yang diriwayatkan oleh Abu Dawud "Doa tidak akan ditolak antara Adzan dan Iqamah".
  5. Ketika turun Hujan. "Ada dua doa yang jarang ditolak yaitu pada saat adzan dan doa pada waktu hujan (HR.Hakim).
  6. Pada saat shalat Jumat. Ketika antara dua khutbah atau diantara adzan dan khutbah. (Sumber: Penjelasan dari Hadist Bukhori)
  7. Ketika sujud saat shalat sesuai dengan hadist yang diriwayatkan Muslim "adapun pada waktu sujud, maka bersungguh-sungguhlah berdoa sebab pada saat itu sangat tepat dikabulkannya doa.
  8. Jika tidur dalam keadaan berwudhu lalu bangun pada malam hari kemudian membaca doa. Sesuai dengan bunyi hadist: Tidaklah seorang hamba tidur dalam keadaan suci lalu terbangun pada malam hari kemudian memohon sesuatu tentang urusan dunia akhirat maka Allah akan mengabulkan doanya. (HR.Ibnu Majah)
  9. Doa orang setelah meniggalnya seseorang (ketika memejamkan mata si mayat yang baru meninggal). Karena malaikat ada pada saat itu. "dari Ummu Salamah bahwa Rasulullah mendatangi rumah Abu Salamah dan beliau mendapatkan kedua mata Abu Salamah terbuka lalu beliau memejamkannya. kemudian bersabda: Sesungguhnya tatkala ruh dicabut, maka pandangan mata akan mengikutinya. Beliau bersabda: Janganlah kalian berdoa untuk diri kalian sendiri kecuali untuk kebaikan, sebab para malaikat mengamini apa yang kamu ucapkan". (HR.Muslim)
  10. Ada tiga doa yang tidak ditolak. Rasul berkata: Tiga doa yang tidak ditolak: Doa orang tua terhadap anaknya, doa orang yang sedang berpuasa, dan doa seorang musafir. (HR. Baihaqi)

1 comments:

Diar Resti mengatakan...

wah ini bermanfaat banget ... (y) makasih krn telah berbagi ilmu :)

Posting Komentar

 


Design by: Pocket